Penjualan (POS & Sales Order)


Point of sales dan Sales Order dapat disebut sebagai suatu sistem untuk merekam data penjualan agar semuanya tertata rapi serta mempermudah para pelaku usaha untuk mencatat pendapatan tiap bulannya. POS juga memiliki pengaruh besar dalam segi penjualan di dunia pemasaran. Melansir dari glints.com Point of sales atau POS adalah tempat pembayaran para pelanggan dalam membeli sebuah produk. Biasanya POS berbentuk mesin, tablet, smartphone, mesin EDC atau perangkat lainnya yang digunakan untuk transaksi di toko atau ritel. 

Di Indonesia mungkin sebutan yang paling umum adalah mesin kasir. Awalnya, POS hanya berfungsi untuk membantu dan memudahkan para pemilik bisnis dalam menjalankan transaksi. POS bisa menghitung secara cepat, menyimpan uang, dan juga mencetak invoice atau struk bagi para pelanggan. Kemudian seiring perkembangan teknologi, fitur POS bertambah. POS berevolusi menjadi tempat penyimpanan data customer, menghitung laba dan rugi, bahkan untuk merekap laporan penjualan. Sedangkan Sales Order (SO) adalah penjualan yang bersifat grosir atau wholesales, dimana penjualan dilakukan untuk partai besar dan dapat di monitor untuk besarnya piutang dan pembayaran oleh pelanggan.

Lalu, Bagaimana untuk IKM yang ingin memiliki sistem sendiri? dengan rantaipasok semua bisa! Kami memiliki fitur POS dan Sales order yang akan memudahkan proses penjualan. Dengan rantaipasok Anda tidak perlu membangun aplikasi sendiri Kami siapkan semuanya! Dengan rantaipasok dapat Meminimalisir kesalahan yang sering terjadi di pembukuan lewat integrasi POS, pencatatan dan update pemasukan dan stok otomatis dan dapat memantau persediaan barang tanpa harus mengecek langsung ke gudang.

Leave a comment